Ucok Durian


Bicara Medan tentu tidak akan lengkap jika tidak bicara durian. Bicara durian juga hampir tidak lengkap jika tidak tahu Ucok Durian. Bahkan mereka yang belum pernah sama sekali ke Medan banyak yang sudah pernah mendengar nama Ucok Durian.

Ucok Durian merupakan salah satu gerai durian di Medan. Sebenarnya ada banyak gerai durian di Medan. Bagaimana tidak banyak karena Medan sendiri termasuk salah satu “produsen” durian paling enak se-Indonesia! Sumber durian yang didapat dari berbagai daerah seperti Sibolga, Pematang Siantar dan durian dengan kualitas yang paling mantap berasal dari Sidikalang.


Ucok Durian ini adalah sudah menjadi semacam trade mark di kota Medan, oleh karenanya tempatnya paling ramai dikunjungi baik oleh warga Medan sendiri ataupun pendatang. Jangan membayangkan pemilik Ucok Durian adalah orang Batak karena terdapat kata “Ucok”. Pemilik Ucok Durian adalah Pak Zainal Abidin Chaniago.

Baca Juga - Kue Bika Ambon

Bagi kamu yang belum pernah ke Medan, tentunya akan dimanjakan oleh ikon wisata kuliner di Medanya yaitu duriannya Ucok Durian.


Sekarang Ucok Durian sudah menempati tempat jual durian yang baru, yakni di Jl. Wahid Hasyim yang tidak jauh dari persimpangan Jl. Gajah Mada Medan.

Sebelumnya berlokasi di Iskandar Muda, di emperan kaki lima yakni di depan pertokoan yang sudah tutup pada malam hari. Ketika toko tutup, Ucok Durian-pun menggelar lapak. Bang Ucok menyulap lokasi tersebut dengan menyediakan meja-kursi sehingga orang-orang nyaman menikmati buah durian di lapaknya. Lokasi Ucok Durian ada di Jalan Iskandar Muda, dekat Pecel Lele Lela. Yang kemudian membuka cabang di Jl. Wahid Hasyim (tepat didepan lokasi yang sekarang) membeli ruko seharga Rp 800 juta dan membuka cabang Ucok Durian di tempat tersebut sehingga pelanggan lebih nyaman.

Rasanya tak berlebihan jika dibilang Durian Ucok adalah tempat wajib mampir bagi penggemar durian yang sedang berkunjung ke Medan. Kedai Bang Ucok yang berada di Jalan Wahid Hasyim ini tak pernah kehabisan stok durian meskipun jumlah pembeli yang datang tak pernah sedikit.

Pembeli biasa datang dan menyantap durian di tempat. Satu buah durian tak akan cukup memuaskan perut dan lidah pecinta durian. Bagi yang sudah kenyang menyantap durian di tempat, namun masih ingin membawanya pulang, Durian Ucok punya solusinya yaitu paket durian kemasan.

Bagaimana jika durian ditahan di bandara karena aromanya yang tajam? Daging durian akan dikemas dengan rapi dalam sebuah kotak rapat. Untuk menutup aroma khasnya, kemasan juga dilengkapi dengan daun pandan dan kopi agar aroma durian tersamarkan. Sekarang, Anda bisa membawa durian dengan aman sampai ke rumah.


Kata orang “Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian”. Ungkapan itu muncul karena merek warung durian milik Zainal Abidin atau karib disapa Ucok sudah melegenda sekarang.
Kedai Ucok memang bisa dibilang cukup berumur, sudah puluhan tahun. Meski demikian, namanya baru tenar dalam hitungan 10 tahun belakangan.

Rahasia Durian Ucok laris manis

Saat ini, warung durian Ucok memasok 6.000 buah durian setiap hari. Dari jumlah itu, penjualan dia sebut bagus kalau laku 3.000-an durian per hari.
Resep suksenya, durian yang dirasa pembeli tak enak bisa ditukar. Tidak ada tambahan harga.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More